Latest News
Loading...

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor dengan E-Samsat Jatim

Ada kabar gembira bagi masyarakat Jawa Timur, kini ada terobosan baru daru Samsat Jatim sebagai solusi untuk memudahkan dalam hal pembayaran pajak kendaraan bermotor. Saat ini anda sudah bisa memanfaatkan E-samsat, yaitu pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online layanan melalui channel bank. Dispenda Jatim dan Samsat Jatim bekerja sama dengan beberapa bank untuk memuluskan layanan ini, yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI. Pada hari ini kebetulan Jupiter MX saya sudah mau expired masa pajaknya, akhirnya saya coba-coba menggunakan layanan ini. Untuk caranya simak langkah berikut ini:


1. Kunjungi alamat situs berikut ini E-Samsat JATIM dan anda akan dibawa ke halaman web seperti berikut ini. Setelah itu klik pada E-Samsat yang berwarna merah. Bagi anda yang pertama kali masuk situs tersebut, biasanya akan muncul sebuah peringatan atau warning di browser. Jika ada warning , klik saja “I Understand the Risk”, lalu pilih “Add Exception” lalu Klik “Confirm Security Exception”. 
2. Anda akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini. Silahkan anda masukkan Kota dan lokasi Samsat tempat pendaftaran kendaraan bermotor. Nomor Polisi dan kode verifikasi lalu klik Cari.
 3. Anda akan melihat informasi besaran pajak yang harus anda bayar. seperti berikut ini. Pilih Ya jika anda ingin meneruskan pembayaran.
4. Jika anda memutuskan untuk melakukan pembayaran, Anda akan dibawa ke halaman berikut ini: Siapkan BPKB dan STNK untuk mengisi data. Isikan data-data yang diminta secara lengkap dan hati-hati.
5. Silahkan klik 'cetak' jika data diatas sudah diisi semua. Maka anda akan mendapat tampilan seperti ini. Silahkan disimpan dan di cetak. Kode bayar tersebut nantinya akan diperlukan untuk pembayaran di Bank atau ATM.

6. Silahkan datang ke ATM atau Bank terdekat sesuai yang anda pilih. Saya menggunakan ATM Bank Mandiri. akan lebih mudah jika anda menggunakan Internet Banking. Untuk langkah pembayarannya silahkan disimak DISINI.

7. Setelah pembayaran selesai, simpan Resi Pembayaran sebagai bukti transaksi. Selanjutnya anda harus pergi ke kantor Samsat yang anda pilih. Siapkan: 1. BPKB 2. STNK 3. KTP 4. Print out dari E-Samsat 5. Resi pembayaran dari Bank. Silahkan langsung menuju ke bagian Informasi dan anda akan dipandu proses selanjutnya.

Mudah kan. Saya hanya membutuhkan waktu 10 menit ketika di Samsat. Sangat cepat dari pada pembayaran seperti biasanya.

0 comments:

Post a Comment

Blog ini Do Follow Silahkan berkomentar untuk mendapatkan Backlink